Self-Care Corner

Biore Cleansing Oil – Minyak Pembersih Dengan Performa Bandel

Minyak pembersih adalah salah satu jenis pembersih yang tidak sedikit peminatnya. Tapi tidak jarang juga ada yang takut-takut untuk mencoba karena teksturnya minyak dan khawatir memicu penyumbatan pori-pori. Seperti saya yang sebelumnya takut untuk coba Biore Cleansing Oil ini.

Kenyataannya, minyak pembersih justru solusi baik untuk segala jenis kulit – termasuk kulit berminyak untuk mengangkat makeup dengan efektif sekaligus mengangkat minyak berlebih pada wajah. Jadi, kulit pun terasa lebih bersih dan bebas pori-pori tersumbat.

Tentang Produk dan Klaim Biore Cleansing Oil

Biore Cleansing Oil
Biore Cleansing Oil

Brand asal Jepang ini sudah lama memiliki produk minyak pembersih yang dinamai Biore Cleansing Oil. Jika melihat klaim nya pada situs resminya Kao Indonesia, minyak pembersih ini mampu membersihkan makeup waterproof.

Selain itu, minyak pembersih ini juga meng-klaim jika Cleansing Oil ini memiliki kemampuan membersihkan tinggi – walaupun tercampur dengan air karena tangan basah sekalipun. Setelah membersihkan wajah tidak meninggalkan rasa lengket dan berminyak.

Kemasan

Kemasan dari Cleansing Oil terbilang cukup higienis dan mungil. Botol lebar dan sedikit pipih berwarna ungu, selain itu pump pada botolnya pun terbilang kecil dan ramping. Bisa juga dibawa kemana-mana karena tersedia plastik locknya.

Dalam satu botol Biore Cleansing Oil ini terdapat 150ml minyak pembersih di dalamnya. Selain itu, karena terdapat pengunci pump dan cenderung ramping, Biore Cleansing Oil ini tentunya praktis bisa dibawa ke mana-mana dan tidak memakan tempat.

Komposisi

Kalau melihat Biore Cleansing Oil dari segi ingredients atau komposisi dari minyak pembersih ini, memang ada beberapa komposisi yang perlu diperhatikan bagi kulit sensitif – fragrance dan alcohol. Bisa dicek sendiri pada barisan komposisi di bawah:

Mineral oil, PEG-12 Laurate Isododecate, Water (Aqua), Isopropyl Palmitate, Cyclopentasiloxane, Polyglyceryl-2 Isostearate, Decyl Glucoside, Polysorbate 85, Glyceryl Oleate, Isostearic Acid, Isostearyl Glyceryl Ether, Mystryl Alcohol, Isostearyl Glyceryl Pentaerythrityl Ether, Alcohol, BHT, Fragrance (Parfum), Citric Acid

Namun bukan berarti menjadi pantangan untuk dicoba. Pasalnya, komposisi fragrance dan alcohol pada minyak pembersih ini berada di posisi paling bawah. Besar kemungkinan jika kedua bahan tersebut mengandung konsentrasi yang sedikit.

Terlebih, saya pribadi bukan pengguna perawatan wajah yang menghindari kandungan alcohol atau pun fragrance. Jadi dalam hal ini, sesuaikan lagi dengan kebutuhan dan pantangan kulit masing-masing, ya!

Belum lagi, pada minyak pembersih ini terdapat sedikit citric acid di paling ujung bawah. Fungsi dari citric acid atau vitamin C ini tentunya baik untuk wajah – menjaga elastisitas kulit dan mencerahkan wajah. Namun kembali lagi, jika dirasa memiliki kulit sensitif terhadap citric acid, sebaiknya berhati-hati.

Impresi

Setelah mengetahui berbagai macam komposisi dan mengetahui kemasan lengkapnya mengenai Biore Cleansing Oil. Kini coba langsung minyak pembersih ini mulai dari tekstur, aroma, serta performanya.

Tekstur

Biore Cleansing Oil
Tekstur dari Biore Cleansing Oil

Saat pertama kali mengeluarkan produk ini, minyak permbersih ini terasa ringan – bahkan tidak terasa seperti minyak. Namun memang terasa aneh – yakni sangat cair begitu terkena air atau menaruh produk pada saat menaruh produk pada tangan basah.

Saat diaplikasikan pada wajah pun, minyak pembersih ini mudah dibaurkan. Layaknya dibasuhkan pada wajah, minyak pembersih ini terasa lembut pada wajah. Hanya saja, memang setelah terkena air, tekstur dari Biore Cleansing Oil tidak berubah menjadi milky.

Aroma

Saat di-pump, Biore Cleansing Oil ini memiliki sedikit aroma parfum – seperti aroma buah. Namun pada saat diaplikasikan pada wajah, minyak pembersih ini aromanya semakin tercium. Saya sendiri terbiasa menggunakan pembersih tanpa parfum sedikit terganggu.

Performa

Walaupun begitu, tekstur dari minyak pembersih ini sangat ringan, mudah dibaurkan, makeup yang cenderung tebal pun mudah meluruh dengan sempurna – bahkan makeup waterproof sekalipun.

Selain itu perlu berhati-hati juga saat menggunakan minyak ini untuk membersihkan makeup mata. Pasalnya minyak ini sedikit perih di mata, pastikan tidak ada produk yang masuk ke mata pada saat membersihkan area mata.

Bahkan bisa dikatakan, walaupun tekstur dari Biore Cleansing Oil ini tidak berubah milky saat proses membersihkan. Terlepas dari masalah berikut, tentunya tidak merubah cara kerja saat membersihkan wajah – bahkan terbilang sangat efektif membersihkan wajah.

Biore Cleansing Oil ini sangat ampuh untuk membersihkan makeup tebal, makeup waterproof, bahkan untuk membersihkan residu dan tabir surya saat double cleansing sekalipun.

Hal yang lebih menyenangkan dari minyak pembersih ini adalah, perasaan setelah pemakaiannya. Saat dibilas, minyak pembersih ini tidak meninggalkan rasa lengket. Bahkan, setelah pemakaian, kulit terasa lebih kenyal, terhidrasi, dan terasa lebih segar.

Lebih Terasa Lembut Saat Diaplikasikan Dalam Kondisi Tangan Kering

Biore Cleansing Oil

Sebelumnya memang sudah disinggung jika minyak pembersih ini memiliki performa maksimal – sekalipun tercampur air saat diaplikasikan dengan tangan basah. Walau begitu, sensasi menggunakan minyak pembersih memang lebih terasa dengan tangan kering.

Karena pada saat menggunakan produk ini dengan kondisi tangan kering, makeup yang menempel lebih terasa meleleh dan memijat wajah pun terasa lebih mudah. Karena pada saat membalur wajah, tidak terasa licin karena tercampur air.

Maka saat mengaplikasikan Biore Cleansing Oil ini, pastikan tangan dalam kondisi kering. Kemudian pump produk secukupnya, dan balurkan ke wajah yang masih tertempel makeup. Pijat dengan lembut hingga makeup meleleh atau lumer ditangan, bilas hingga bersih.

Setelah Menggunakan Produk ini Berbulan-Bulan

Saya sendiri sudah menggunakan produk ini berbulan-bulan – entah sekitar tiga sampai enam bulan lamanya. Ini pun sudah botol kedua saya, perasaan saya tentang minyak pembersih ini masih sama. Saya suka dengan produk ini, terlepas dari masalah parfum dan pedih di mata.

Banyak sekali alasan saya untuk menyukai produk ini – yang membuat saya tidak terlalu mempermasalahkan parfum dan pedih di mata. Salah satunya dari segi harga, yang banyak menjual Biore Cleansing Oil ini dengan harga di bawah Rp. 100 ribu.

Tentunya sangat menguntungkan jika membeli minyak pembersih dengan harga kurang lebih Rp. 85 ribu hingga Rp. 125 ribu dan kapasitas 150ml. Performa dari minyak pembersih ini bahkan terasa di luar ekspektasi.

Apalagi minyak pembersih ini tidak menimbulkan penyumbatan pori-pori pada kulit saya yang memiliki pori-pori lebar, berminyak, dan rentan berjerawat. Minyak pembersih ini tentunya semakin layak untuk dicoba.

Untuk mendapatkan produk ini, bisa cek langsung beberapa e-commerce ini – Shopee, Tokopedia, dan Watson.

Kesimpulan

Jadi bisa dikatakan jika Biore Makeup Remover Perfect Cleansing Oil ini sangat layak untuk dicoba – baik itu untuk kulit kering, maupun kulit berminyak. Namun bagi beberapa jenis kulit yang sensitif, perlu juga pertimbangkan pro dan kontra dari produk ini.

Pros:

  • Minyak pembersih ini memiliki aroma segar seperti buah
  • membersihkan wajah dengan sempurna dan mengangkat makeup waterproof.
  • Tidak meninggalkan rasa lengket
  • Kulit terasa lebih terhidrasi setelah pemakaian
  • Performa produk tidak berubah saat terkena air

Cons:

  • Terasa sedikit pedih di mata
  • Aroma yang cukup menyengat saat digunakan.
  • Mengandung alkohol

Itu dia pengalaman saya selama menggunakan produk Biore Cleansing Oil. Apakah kamu juga punya pengalaman yang sama? Atau justru berbeda?